Seggaf’s Blog


Kenduri
Mei 29, 2006, 3:44 pm
Filed under: My Life

Pernah ke Kendurian atau selametan or whatever the name is? terus terang aja, gw jarang banget ke acara-acara ginian (dulu) tapi waktu gw mulai kembali tinggal ke kota asal gw (Tanjung Selor), gw mulai sering dateng ke acara selametan kayak gini.

Tiap daerah pasti punya keunikan tersendiri, disinipun kami juga punya 😀 banyak kebiasaan disini yang pasti diangap aneh kalau di daerah lain. Ok, ini list-nya :

  • Acara kendurian (kawinan, aqiqah dll) dilakukan pada hari kerja. Ini yang gw bingung banget waktu dulu, kok ngadain acara waktu hari kerja? ya nggak semuanya sich tapi rata-rata disini bikin acara selamatannya pada hari kerja, including our family, hari Kamis besok adek gw mo bikin acara aqiqah-an. Lho, apa nggak ngeganggu kerjaan? lihat point dibawah.
  • Acara do’a-do’a diadain pagi harinya, dengan cuman dihadiri oleh keluarga / tetangga dekat. Lho, acara buat tamu undangan? hehehe, biasanya pada hari itu juga diadain jam kunjungan (biasanya sich jam 11.00 – 15.00, yup, jam istirahat orang kantoran disini) untuk para tamu undangan. Jadi, para tamu nggak perlu ikut acara puncaknya, tapi cukup dateng pada kisaran jam tersebut, makan (biasanya sich disediain prasmanan), salam-salaman or cipika-cipiki sama yang punya acara dan langsung pergi dech. Memang sich didaerah lain juga ada yang make cara ini, tapi biasanya pada acara kawinan doang, bukan acara aqiqah, sunatan atau yang lainnya;
  • Untuk acara aqiqah-an (or Tasmiah kalau bahasa disini), para tamu kalau pulang, diberi bekal. Bukan makanan, tapi telur. Yup, telur rebus yang di ikatin pada sebilah bendera kertas kecil yang terbuat dari bambu. Buat apaan? ya di makan lah, what else? entar dech gw photoin, lagi lupa bawa kamera soalnya

What about in your place?



Indonesia Menangis (lagi?)
Mei 29, 2006, 2:31 pm
Filed under: My Life

Turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas musibah Gempa Tektonik yang terjadi di daerah Jogjakarta – Jateng.